27 Agustus 2009

Kepulauan Balabalagan Tidak Kalah Menarik

Keikutsertaan Marwansyah atau Kiwong pada Sail Bunaken 2009 bersama 5 penyelam Kaltim lainya menjadi hal yang tidak pernah ia lupakan. Termasuk saat beberapa hari di Manado berkunjung ke sejumlah tempat, terutama objek wisata air.

NAMUN menurut Kiwong, Paser yang memiliki Goa Tengkorak, Liang Mangkulangit, Goa Lusan, air terjun Doyam Seriam, pemandian air panas serta keraton Sadurangas dan makam raja-raja Kesultanan Paser, tidak kalah menarik dibandingkan Sulawesi Utara. Objek wisata tersebut sangat berpotensi untuk menarik para wisatawan, baik domestik maupun luar mancanegara

Wisata bawah air di Kepulauan Balabalagan, Paser diakuinya juga tak kalah menarik. Ia bahkan berpromosi saat di Sulut, bahwa Paser memiliki tempat wisata yang patut dikunjungi.

“Mengapa saya berani mengatakan demikian, karena saya sudah pernah menyelam di sejumlah daerah. Selain Manado, Lembeh, Bunaken, Manado Tua, Lao Nayin, Montehage Siladen, Bali, Komodo, bahkan hingga ke Raja Ampat, Papua. Juga Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua dan Kakabun. Semuanya saya anggap seimbang saja dengan gugusan pulau-pulau Balabalagan,” katanya.

Keunikan Balabalagan, selain terdapat 15 pulau dan dapat menjadi titik penyelaman, juga kecantikannya, baik terumbu karang, tumbuhan dan satwa bawah airnya sangat menarik.

“Dari beberapa kali saya melakukan penyelaman di sejumlah perairan Balabalangan, memang ada sejumlah pulau yang terumbuh karangnya rusak akibat bom ikan yang dilakukan nelayan dari luar Paser. Tetapi itu hanya pulau yang tidak berpenghuni. Tapi kalau pulau yang berpenghuni, keindahannya sangat luar biasa,” kata Kiwong.

Menurutnya, dari beberapa kunjungannya ke Balabalagan, ia menemukan beberapa warga asing melakukan penyelaman. Kehadiran mereka karena Balabalagan memang punya daya tarik tersendiri.

“Dari kegiatan Sail Bunaken, saya banyak berkenalan dengan sejumlah peserta dari luar negeri, dan saat saya ceritakan menyangkut Balabalagan, mereka sangat tertarik. Insya Allah jika tidak ada kendala, bulan depan saya akan kembali melakukan penyelaman di Balabalangan bersama rekan saya dari Balikpapan. Kami akan melakukan pengambilan gambar untuk dipromosikan,” jelasnya

sumber : kaltimpost

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Halo mas, saya warga Paser , tapi dari sejak lahir hingga sekarang baru mendengar ada Pulau Balabalagan yang sepertinya sangat menarik. Bisa beri tahu saya info jalur dan lokasi untuk bisa mencapai pulau tersebut.Terima Kasih.
Mohon di respon secepatnya atau kirim saya email ke eno_643@yahoo.co.id