10 September 2009

Investor Malaysia Tertarik GWK

Para investor dari Malaysia menyatakan tertarik memiliki dan mengelola Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Jimbaran, Bali selatan.

"Investor asal asal negeri Jiran sempat beberapa kali menawar, namun tawaran itu ditolak," kata Gubernur Made Mangku Pastika, pada acara simakrama bersama elemen masyarakat di Wantilan Pusat Pemerintahan (Puspem), Mengwi, Badung, Sabtu (29/8).

Ia mengatakan, tawaran untuk membeli kawasan yang dibangun di atas lahan sekitar 100 hektar itu dua atau tiga tahun lalu, saat berupaya mencari investor guna melanjutkan pembangunan patung GWK.

Namun tawaran tersebut secara tegas ditolaknya, karena GWK merupakan karya bangsa yang monumental juga menjadi patung terbesar di dunia.

Patung dengan tinggi mencapai 75 meter, lebar 60 meter, diperkirakan akan mampu mengalahkan patung liberty di Amerika Serikat.

"GWK akan menjadi karya terbesar kedua setelah 1000 tahun berdirinya Candi Borobudur," ujar Gubernur Pastika.

Gubernur Pastika menjelaskan mahakarya ciptaan seniman Bali I Nyoman Nuarta yang berlokasi di bukit Unggasan, Kabupaten Badung, Bali selatan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Untuk kelanjutan pembangunan tersebut diharapkan bisa dilakukan Pemprov Bali dengan mengeluarkan obligasi (surat hutang) yang dapat dibeli oleh masyarakat Pulau Dewata.

"Upaya tersebut tentu akan memberikan kontribusi kepada masyarakat setempat, sekaligus memiliki kawasan yang menjadi salah satu obyek wisata ," ucap Gubernur Pastika.

Solusi pendanaan lainnya, dengan cara menggelar beberapa kegiatan, baik yang berskala nasional maupun internasional di GWK, sehingga dapat memberikan pendanaan bagi pembangunan Bali ke depan.

Gubernur Pastika menjelaskan, semua solusi tersebut masih akan dipelajari sehingga ke depan akan dapat cara pemecahan yang betul-betul mewakili keinginan masyarakat Bali.

"kami akan berupaya agar pembangunan patung GWK dapat secepatnya dilanjutkan, karena akan mampu berpengaruh besar terhadap perkembangan pariwisata Bali," ujarnya.
sumber gatra

1 komentar:

Unknown mengatakan...

saya janu asal singaraja, sebagai putra bali saya merasa bangga bali bisa mnjadi object wista yg terkenal didunia..salahsatu nya GWK,, saya berharrap kedepannya agar bisa selesai pembuatanya, karreena hampirr semua masyrakat bali penasaran bagaimana sebenarnya konsep gwk terrsebut setelah selesai semuanya..kepada bapak gubernur yg tehormat, tetap semangat supaya bisa melanjutkan program prrogram selanjutnya yang akan dipersembahkan kepada masyarrkat bali, nasional dan juga mancanegara.sukses selalu terimakasih