26 Oktober 2009

Indobatt Gelar Bazar Murah di Lebanon

Satgas Yonif Mekanis TNI Konga XXIII-C/Unifil (Indonesian Battalion/Indobatt) kembali menggelar bazar murah yang digelar di Rubb Hall Indobatt UN POSN 7-1 Adshit al Qusayr, Minggu 25 Oktober 2009. Bazar murah ini diikuti oleh 12 pedagang lokal dari seluruh wilayah di Lebanon Selatan dengan berbagai barang yang berbeda seperti alat elektronik, souvenir khas Lebanon, berbagai makanan dan lain-lain. Indobatt sengaja menggelar bazar ini untuk memberikan kesempatan kepada para prajuritnya berbelanja, karena mereka dalam waktu dekat akan segera kembali ke tanah air. Hal ini dikarenakan, sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dari Unifil (United Nations interim Force In Lebanon), bahwa selain kegiatan untuk mendukung dinas seperti patroli, latihan dan kegiatan administrasi yang lain, tidak setiap saat para prajurit Indobatt dapat keluar dari markas tanpa seijin atasannya apalagi untuk kepentingan berbelanja atau sekedar membeli oleh-oleh. Disamping itu kegiatan ini juga merupakan sarana untuk menjalin komunikasi dan interaksi dengan masyarakat setempat sebagai bentuk persaudaraan yang telah dibina selama masa penugasan.

Dansatgas Indobatt, Letkol. Inf. R. Haryono (alumni Akmil 1991) mengatakan bahwa bazar ini sengaja digelar untuk memberikan kesempatan kepada para pedagang yang ada disekitar daerah tanggung jawab Satgas Konga XXIII-C/Unifil yang terdiri dari 13 desa, menjajakan barangnya di dalam markas Indobatt UN POSN 7-1, Adshit al Qusayr secara bersamaan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengakomodir keinginan para pedagang yang selalu ingin membuka toko di dalam markas Batalyon, sehingga mereka diundang untuk menggelar dagangannya secara bersamaan guna menghindari adanya kecemburuan diantara mereka.

Di Lebanon Selatan sendiri yang merupakan daerah operasi Unfil, konsumen terbesar yang menghidupi para pedagang adalah para peace keeper yang berjumlah sekitar 12.000 personel. Penyelenggaraan bazar ini juga tepat waktu mengingat Satgas Konga XXIII-C/Unfil yang telah bertugas hampir satu tahun di Lebanon akan segera berakhir dan diganti dengan Satgas Konga XXIII-D yang saat ini sedang melaksanakan pratugas di Pusat Pendidikan Infanteri TNI AD, Cipatat - Bandung, sehingga mereka dapat berbelanja tanpa harus keluar markas.

Bazar murah ini merupakan salah satu kegiatan CIMIC (Civil Military Cooperation) satgas yang dikoordinir oleh Mayor Inf. Tri Pudiyastomo selaku Kepala Seksi Cimic Batalyon. Kegiatan ini juga tidak terlepas dari liputan media lokal yang sengaja datang untuk menggali lebih dalam informasi tentang Indonesia. Menurut salah satu wartawan lokal, Ronith Daher dari Koran Annahar, dia ingin mendapatkan gambaran tentang Indonesia secara lebih luas, oleh karena itu dia berusaha mewawancarai beberapa anggota satgas termasuk Komandan Satgas Konga XXIII-C/Unifil tentang Indonesia yang meliputi budayanya, kehidupan beragamanya, makanannya dan berbagai informai lain yang ingin didapatkannya. Sebagaimana yang dikatakan oleh Ronith, "Di Lebanon Selatan ada lebih dari 1000 tentara yang bertugas sebagai peace keeper dari Indonesia, tetapi masyarakat disini belum mengetahui lebih jauh tentang Indonesia, oleh karena itu saya berharap bahwa kerja sama ini akan memberikan informasi yang lebih detil kepada masyarakat Lebanon tentang Indonesia".

Authentikasi:
Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-C/UNIFIL (Letkol Arh Hari Mulyanto)

sumber okezone

Tidak ada komentar: